1.
Model Examples Non Examples
Contoh dapat dari Kasus/Gambar
yang Relevan dengan Kompetensi Dasar
Langkah-langkah :
n Guru mempersiapkan
gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
n Guru menempelkan gambar di
papan atau ditayangkan melalui OHP/In Focus
n Guru memberi petunjuk dan
memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
n Melalui diskusi kelompok 2-3
orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
n Tiap kelompok diberi
kesempatan membacakan hasil diskusinya
n Mulai dari komentar/hasil
diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
n Kesimpulan
2.
Picture And Picture
Langkah-langkah
n Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
n Menyajikan materi sebagai
pengantar
n Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
n Guru menunjuk/memanggil siswa
secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
n Guru menanyakan alasan/dasar
pemikiran urutan gambar tersebut
n Dari alasan/urutan gambar
tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang
ingin dicapai
n Kesimpulan/rangkuman
3.
Numbered Heads Together
Langkah-langkah :
n Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
n Guru memberikan tugas dan
masing-masing kelompok mengerjakannya
n Kelompok mendiskusikan jawaban
yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya
n Guru memanggil salah satu
nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
n Tanggapan dari teman yang
lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
n Kesimpulan
4.
Cooperative Script
Metode belajar dimana siswa
bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian
dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
n Guru membagi siswa untuk
berpasangan
n Guru membagikan wacana/materi
tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
n Guru dan siswa menetapkan
siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai
pendengar
n Pembicara membacakan
ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam
ringkasannya. Sementara pendengar : (a) Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide
pokok yang kurang lengkap; (b) Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok
dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
n Bertukar peran, semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti
diatas.
n Kesimpulan Siswa bersama-sama
dengan guru
n Penutup
5.
Kepala Bernomor Struktur
Langkah-langkah :
n Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
n Penugasan diberikan kepada
setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai. Misalnya :
siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan
siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
n ->Jika perlu, guru bisa
menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan
bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam
kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau
mencocokkan hasil kerja sama mereka
n Laporkan hasil dan tanggapan
dari kelompok yang lain
n Kesimpulan
6.
Student Teams-Achievement Divisions (Stad)/ Tim Siswa Kelompok Prestasi
(Slavin, 1995)
Langkah-langkah :
n Membentuk kelompok yang
anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis
kelamin, suku, dll)
n Guru menyajikan pelajaran
n Guru memberi tugas kepada
kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu
menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
n Guru memberi kuis/pertanyaan
kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
n Memberi evaluasi
n Kesimpulan
7.
Jigsaw (Model Tim Ahli)/(Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, And Snapp, 1970
Langkah-langkah :
n Siswa dikelompokkan ke dalam 4
anggota tim
n Tiap orang dalam tim diberi
bagian materi yang berbeda
n Tiap orang dalam tim diberi
bagian materi yang ditugaskan
n Anggota dari tim yang berbeda
yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru
(kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
n Setelah selesai diskusi
sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar
teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota
lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
n Tiap tim ahli mempresentasikan
hasil diskusi
n Guru memberi evaluasi
n Penutup
8.
Problem Based Introductuon (PBI)/(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah :
n Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat
dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
n Guru membantu siswa
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
n Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan
pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
n Guru membantu siswa dalam
merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka
berbagi tugas dengan temannya
n Guru membantu siswa untuk
melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses
yang mereka gunakan
9.
Artikulasi
n Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
n Guru menyajikan materi
sebagaimana biasa
n Untuk mengetahui daya serap
siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
n Suruhlan seorang dari pasangan
itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lainnya
n Suruh siswa secara
bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya.
Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
n Guru mengulangi/menjelaskan
kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
n Kesimpulan/penutup
10.
Mind Mapping
Sangat baik digunakan untuk
pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
n Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
n Guru mengemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang
mempunyai alternatif jawaban
n Membentuk kelompok yang
anggotanya 2-3 orang
n Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
n Tiap kelompok (atau diacak
kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
n Dari data-data di papan siswa
diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang
disediakan guru
11.
Make - A Match (Mencari Pasangan) (Lorna Curran, 1994)
Langkah-langkah :
n Guru menyiapkan beberapa kartu
yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya
satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
n Setiap siswa mendapat satu
buah kartu
n Tiap siswa memikirkan
jawaban/soal dari kartu yang dipegang
n Setiap siswa mencari pasangan
yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
n Setiap siswa yang dapat
mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
n Setelah satu babak kartu
dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
n Demikian seterusnya
n Kesimpulan/penutup
12.
Think Pair And Share (Frank Lyman, 1985)
Langkah-langkah :
n Guru menyampaikan inti materi
dan kompetensi yang ingin dicapai
n Siswa diminta untuk berfikir
tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
n Siswa diminta berpasangan
dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran
masing-masing
n Guru memimpin pleno kecil
diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
n Berawal dari kegiatan
tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi
yang belum diuangkapkan para siswa
n Guru memberi kesimpulan
n Penutup
13.
Debat
Langkah-langkah :
n Guru membagi 2 kelompok
peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra
n Guru memberikan tugas untuk
membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
n Setelah selesai membaca
materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat
itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai
sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
n Sementara siswa menyampaikan
gagasannya guru menulis guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di
papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
n Guru menambahkan konsep/ide
yang belum terungkap
n Dari data-data di papan
tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada
topik yang ingin dicapai.
14.
Role Playing
Langkah-langkah :
n Guru menyusun/menyiapkan
skenario yang akan ditampilkan
n Menunjuk beberapa siswa untuk
mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
n Guru membentuk kelompok siswa
yang anggotanya 5 orang
n Memberikan penjelasan tentang
kompetensi yang ingin dicapai
n Memanggil para siswa yang
sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
n Masing-masing siswa duduk di kelompoknya,
masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
n Setelah selesai dipentaskan,
masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
n Masing-masing kelompok
menyampaikan hasil kesimpulannya
n Guru memberikan kesimpulan
secara umum
n Evaluasi
n Penutup
15.
Group Investigation (Sharan, 1992)
Langkah-langkah :
n Guru membagi kelas dalam
beberapa kelompok heterogen
n Guru menjelaskan maksud
pembelajaran dan tugas kelompok
n Guru memanggil ketua-ketua
untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas
yang berbeda dari kelompok lain
n Masing-masing kelompok
membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
n Setelah selesai diskusi, lewat
juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
n Guru memberikan penjelasan
singkat sekaligus memberi kesimpulan
n Evaluasi
n Penutup
16.
Talking Stick
n Guru menyiapkan sebuah tongkat
n Guru menyampaikan materi pokok
yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk
membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
n Setelah selesai membaca buku
dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
n Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang
memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai
sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
n Guru memberikan kesimpulan
n Evaluasi
n Penutup
17.
Bertukar Pasangan
Langkah-langkah :
n Setiap siswa mendapat satu
pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya
n Guru memberikan tugas dan
siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
n Setelah selesai setiap
pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
n Kedua pasangan tersebut
bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan
mengukuhkan jawaban mereka
n Temuan baru yang didapat dari
pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
18.
Snawball Throwing
Langkah-langkah :
n Guru menyampaikan materi yang
akan disajikan
n Guru membentuk
kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan
penjelasan tentang materi
n Masing-masing ketua kelompok
kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang
disampaikan oleh guru kepada temannya
n Kemudian masing-masing siswa
diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja
yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
n Kemudian kertas tersebut
dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15
menit
n Setelah siswa dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
n Evaluasi
n Penutup
19.
Facilitator And Explaining
Siswa/peserta mempresentasikan
ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah :
n Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
n Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
n Memberikan kesempatan
siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta
lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
n Guru menyimpulkan ide/pendapat
dari siswa
n Guru menerangkan semua materi
yang disajikan saat itu
n Penutup
20.
. Course Review Horay
Langkah-langkah :
n Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
n Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
n Memberikan kesempatan siswa
tanya jawab
n Untuk menguji pemahaman, siswa
disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi
angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
n Guru membaca soal secara acak
dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan
langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda
silang (x)
n Siswa yang sudah mendapat
tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau
yel-yel lainnya
n Nilai siswa dihitung dari
jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
n Penutup
21.
Demonstration
(Khusus materi yang memerlukan
peragaan atau percobaan)
Langkah-langkah :
n Guru menyampaikan TPK
n Guru menyajikan gambaran
sekilas materi yang akan dismpaikan
n Siapkan bahan atau alat yang
diperlukan
n Menunjukan salah seorang siswa
untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
n Seluruh siswa memperhatikan
demontrasi dan menganalisa
n Tiap siswa atau kelompok
mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
n Guru membuat kesimpulan
Berlangganan Artikel Via Email
No comments:
Post a Comment