PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
ABAD 21
Disusun Oleh :
Hendrik Hermawan, M.Pd
SD Negeri 1 Karangasem
I.
PENDAHULUAN
Pembelajaran
abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi penerus menjadi
generasi yang memiliki kemampuan kecakapan abad 21. Setidaknya ada empat yang
harus dimiliki oleh generasi abad 21, yaitu: ways of thingking, ways of working, tools for
working and dan skills for living in the word. Bagaimana seorang
guru harus mendesain pembelajaran yang akan menghantarkan peserta didik memenuhi
kebutuhan abad 21?
Pembelajaran
abad ke-21 yang berpusat pada siswa berbeda dengan pembelajaran tradisional
yang berpusat pada guru, dalam arti bahwa keduanya memiliki pendekatan yang
berbeda terhadap isi, pembelajaran, lingkungan ruang kelas, penilaian, dan
teknologi. Hal ini yang menjadikan hal yang harus dimiliki oleh siswa sebagai
peserta didik yang tergabung dalam empa cara yaitu:
Way of
thinking, cara berfikir yaitu beberapa kemampuan berfikir yang harus dikuasai
peserta didik untuk menghadapi dunia abad 21. Kemampuan berfikir tersebut
diantaranya: kreatif, berfikir kritis, pemecahan masalah, pengambilan keputusan
dan pembelajar.
Ways of
working. kemampuan bagaimana mereka harus bekerja. dengan dunia yang global dan
dunia digital. beberapa kemampuan yang harus dikuasai peserta didik
adalah communication and collaboration. Generasi
abad 21 harus mampu berkomunikasi dengan baik, dengan menggunakan berbagai
metode dan strategi komunikasi. Juga harus mampu berkolaborasi dan bekerja sama
dengan individu maupun komunitas dan jaringan. Jaringan komunikasi dan
kerjasama ini memamfaatkan berbagai cara, metode dan strategi berbasis ICT.
Bagaimana seseorang harus mampu bekerja secara bersama dengan kemampuan yang
berbeda-beda.
Tools for
working. Seseorang harus memiliki dan menguasai alat untuk bekerja. Penguasaan
terhadap Information and communications technology (ICT) and information
literacy merupakan sebuah keharusan. Tanpa ICT dan sumber informasi yang
berbasis segala sumber akan sulit seseorang mengembangkan pekerjaannya.
Skills for
living in the world. kemampuan untuk menjalani kehidupan di abad 21, yaitu: Citizenship, life
and career, and personal and social responsibility. Bagaimana peserta didik
harus hidup sebagai warga negara, kehidupan dan karir, dan tanggung
jawab pribadi dan sosial.
II.
PEMBAHASAN
Dalam proses
pembelajaran abad 21, teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat bantu
dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan
keterampilan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik.
Banyak
perangkat-perangkat teknologi atau aplikasi-aplikasi berbasis teknologi
informasi yang menunjang aktivitas siswa dalam proses pembelajaran untuk
mencapai kemampuan kecakapan abad 21 seperti kecakapan kreativitas, inovasi,
komunikasi, kolaborasi, literasi informasi dan media, dan sebagainya.
1.
TIK dalam kreativitas siswa
Dalam
pelaksanaan pembelajaran, sarana TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk
meningkatkan kreativitas siswa. Siswa dapat memanfaatkan sara-sarana teknologi
informasi dan komunikasi atau aplikasi-aplikasi komputer dalam aktivias
pembelajarannya seperti Teknologi Internet yang dapat dimanfaatkan siswa
sebagai sumber belajar.
2.
TIK dalam aktivitas kolaborasi siswa
Dalam proses
belajar mengajar, siswa juga dapat memanfaatkan sarana teknologi yang sudah
tersedia untuk digunakan sebagai sarana kolaborasi dalam pembelajaran di kelas.
Salah satu
aplikasi yang dapat dimanfaatakan dalam aktivitas pembelajaran khususnya
kolaborasi siswa yaitu aplikasi web jejaring social (Social Network) seperti
Facebook, Twitter, Frienster dan sebagainya. Sebagai contoh aplikasi Facebook
yang ada di dunia maya tidak hanya sekedar aplikasi yang hanya dapat digunakan
untuk berkomunikiasi dengan teman, mencari teman update status dan sebagainya,
tetapi dapat juga dimanfaatakan dalam pembelajaran siswa. Dengan menggunakan
web jejaring social Facebook dapat dimanfaatakn sebagai media untuk melakukan
diskusi pembelajaran jarak jauh yang tentunya akan lebih menyenangkan dan
mengasyikan.
3.
TIK sebagai media komunikasi siswa dalam pembelajaran
Sarana teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan sebagai
media komunikasi siswa dalam kaitannya dengan pembelajaran. Salah satunya
dengan memanfaatkan fasialitas E-Mail (Electronic Mail) yang terdapat pada
jaringan internet. Dengan menggunakan e-mail siswa dapat berkomunikasi dengan
sesame siswa, dengan guru bahkan dengan stakeholder lain yang dapat membantu
proses pembelajaran siswa. Sebagai contoh, dengan menggunakan email siswa dapat
mengirimkan hasil tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya dengan mengirimkan
file-file lampiran tugas-tugasnya. Dengan menggunakan teknologi email, siswa
dapat mengirimkan hasil tugas yang diberikan guru kepada siswa dengan cepat
tanpa ada batasan waktu dan tempat.
Gambar 4. Yahoo Mail penyedia
layanan e-mail
PENUTUP
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang
saat ini dimana untuk memiliki kemampuan mengakses atau memanfaatkannya
merupakan salah satu bagian dari ketrampilan kecakapan abad 21 yang harus
dimiliki oleh semua orang terutama bagi siswa sebagai peserta didik di sekolah.
Dengan memiliki keterampilan kecakapan abad 21
khsusnya penggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu dalam
mengembangkan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai kecakapan abad 21 seperti
kemampuan berkomunikasi, kolaborasi, kreativitas, inovasi, kemandirian dan
sebagainya.
Sarana-sarana atau perangkat-perangkat teknologi sudah
tersedia banyak di dunia ini yang dapat dimanfaatkan dalam prose pembelajaran
siswa di kelas seperti teknologi jaringan internet, aplikasi jejaring social,
aplikasi presentasi dan sebagainya.
1. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman
Umum Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup di SMA. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
2. Means, B. (1993). Using technology to support education reform. Amerika Serikat: US Government Printing
Office.
3. Reeves, T.C. (1998). The impact of media and technology in schools. A research report
prepared for the Bertelsmann Foundation. Amerika Serikat: University
of Georgia.
4. Siahaan, Sudirman. (2009). ”Pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran”, Jakarta:
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Departemen Pendidikan
Nasional.
5. Teach, Intel (2007), “Modul Pelatihan Intel
Teach – Getting Started”, Intel Education
6.
http://simpelpas.wordpress.com/2011/10/04/pembelajaran-abad-21/
7.
http://abuabbad.wordpress.com/2012/05/07/ict-untuk-pembelajaran-abad-21/
8. http://yohafrinal.wordpress.com/artikel/pembelajaran-abad-21/
9. http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm
11. http://jogjabelajar.org/
Berlangganan Artikel Via Email
No comments:
Post a Comment