Cara Membuat PowerPoint Interaktif Bagian 2 - Kelas Virtualku

Breaking

Saturday, February 17, 2018

Cara Membuat PowerPoint Interaktif Bagian 2

Salah satu strategi dalam mengajar yang perlu diperhatikan guna, meningkatkan pemahaman peserta didik adalah pemilihan media yang tepat. Media adalah alat bantu yang digunakan guru dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik.

Dalam memilih media memang mempunyai tingkat kerumitan tersendiri, untuk itu pendidik dituntut untuk benar-benar cermat dan jeli dalam memilih media yang tepat. Ada bebrapa media yang dapat dipraktikkan dalam pembelajaran, di antarannya media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran meliputi benda-benda aslinya, bentuk riil sebuah patung ataupun mainan,  gambar, peta, chart, papan tulis, flas card, gambar, wall carts, tape recorder dan overhead projector.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips membuat media pembelajaran yang bersifat simulatif untuk pembelajaran IPA (meskipun dalam pengembangannya nantinya akan dapat diterapkan dalam semua mapel dan materi “tergantung kreatifitas masing-masing”) dengan hanya menggunakan PowerPoint.

Powerpoint merupakan salah satu program dalam Microsoft Office. PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah “sebuah program komputer untuk presentasi”. Microsoft Office Power Point merupakan program aplikasi yang dirancang secara khusus untuk menampilkan program multimedia. 

Pembuatan media presentasi menggunakan software PowerPoint ditambahkan dengan sedikit kreatifitas, powerpoint yang awalnya hanya digunakan untuk membuat presentasi, kini dapat pula dimanfaatkan sebagai media simulasi. Melalui media simulatif seperti ini peserta didik tidak hanya terkotak-kotak saja, melainkan dapat mencoba secara lebih luas menggunakan datanya sendiri.

Berikut adalah video Tutorialnya (bagian 2).


Berikut adalah link Download Videonya:
Download
Jika Kalian Suka, dan Membutuhkan Video Tutorial Lainnya : Silahkan Klik Like, Subcribe, dan Comment.

Demikian salah satu arternatif mengajar yang dapat bapak ibu terapkan di kelas. Dengan sedikit kreatifitas dan banyak berlatih, insyaallah akan tercipta inovasi mengajar yang nantinya akan berdampak pada peningkatan hasil belajar, motivasi, serta karakter peserta didik yang tekun, giat, dan percaya diri.

NB: Jangan sungkan untuk bertanya jika bapak/ibu guru tertarik untuk mengembangkan media simulasi serupa menggunakan PowerPoint.

No comments:

Post a Comment