Naskah Juara Inovasi Pembelajaran Bidang SORAM Tingkat Nasional Tahun 2017 - Kelas Virtualku

Breaking

Thursday, February 15, 2018

Naskah Juara Inovasi Pembelajaran Bidang SORAM Tingkat Nasional Tahun 2017

Fajar Tri Laksono, M.Pd. Nama lengkapnya, saya kerap menyapanya dengan sapaan "Mas Ustadz", selain karena perkataannya yang sering menyejukkan hati saya yang sering galau, sapaan Mas Ustadz memang pantas saya berikan kepadanya karena perawakannya yang tinggi besar "Berjenggot Tebal".

Bapak yang lahir pada tanggal 24 Februari 1981 di Sidoarjo ini telah memiliki segudang prestasi, 3 prestasi yang membuat saya bangga mengenal Mas Ustadz ini adalah: 
  1. : Inovasi Pembelajaran tahun 2016 (Finalis)
  2. : Forum Ilmiah Guru tahun 2015 (Juara 2)
  3. : Teknologi Tepat Guna kab. Sidoarjo tahun 2014 (Juara 3) 
Pada kegiatan lomba inovasi pembelajaran tingkat nasional di tahun 2017 ini, beliau menciptakan inovasi yang tidak pernah saya fikirkan selama ini. Dengan menciptakan teropong berkamera untuk membelajarkan kreasi batik pada Siswanya di SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo. Teropong yang biasanya difikiran saya itu digunakan untuk "melihat benda yang sangat jauh", beliau malah menginovasikannya untuk melihat benda bentuk-bentuk batik. Melalui pemasangan kamera di dalam teropongnya peserta didik memperoleh bermacam-macam kreasi batik.
Pada dokumentasi penelitiannya terdapat foto anak yang sedang melakukan "Simulasi". Simulasi adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya (asli). Pada tahap simulasi ini, siswa menggunakan media Teropong Berkamera untuk melihat gambar motif batik yang dapat dilihat melalui layar laptop. Mereka mengeksplorasi berbagai jenis motif batik yang muncul melalui tahapan simulasi. Caranya adalah dengan memutar teropong dan bereksperimen dengan manik-manik yang dipasang di tutup alat optik tersebut. 


Jenis eksperimen pada tahap ini disebut Virtual Experiment, karena eksperimen yang dilakukan adalah eksperimen berbasis PC. Pada tahap ini siswa melakukan penyelidikan secara individu melakukan eksplorasi mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media simulasi virtual untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, dan melakukan pengamatan. Tahapan ini juga sekaligus menjadi referensi virtual siswa dalam membuat rancangan desain motif batik.

Jika bapak ibu guru berencana menciptakan inovasi pembelajaran, tak ada salahnya jika menjadikan Naskah Inovasi Pembelajaran ini sebagai referensi. 

Berikut adalah link Downloadnya:
Download

Demikianlah sedikit ulasan saya tentang Naskah Juara 1 Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Tingkat Nasional Tahun 2017, semoga artikel ini dapat menjadikan referensi bagi kita semua. Amin.


No comments:

Post a Comment