Cara Mengaktifkan Insert 3D Object pada PowerPoint 2016 - Kelas Virtualku

Breaking

Sunday, March 11, 2018

Cara Mengaktifkan Insert 3D Object pada PowerPoint 2016

Pembelajaran IPA materi rangka manusia umumnya disampaikan oleh guru menggunakan media torso rangka manusia. Akan tetapi dikarenakan sifat torso ini yang rentan akan kerusakan, sehingga guru lebih memilih untuk menjelaskan menggunakan gambar rangka manusia yang sudah dilengkapi dengan nama-nama bagian rangkanya.


Media gambar seperti ini biasanya lebih disukai guru untuk digunakan di kelas dibandingkan menggunakan torso rangka manusia.

Namun jika digunakan tentu akan banyak kelemahannya salah satunya adalah kegiatan pembelajaran yang demikian akan berjalan satu arah (guru ke siswa). Jika dilihat dari ruh pembelajaran abad 21, tentu tidak akan sesuai.

Beberapa waktu lalu saya telah memberikan preview sebuah media pembelajaran berisi animasi 3 dimensi yang dibuat menggunakan PowerPoint, berikut adalah previewnya:


Melalui penggunaan media seperti pada video di atas, pembelajaran tidak disampaikan oleh guru ke siswa, tetapi peserta didik memperoleh pengetahuannya (konsep pembelajaran) melalui explorasi menggunakan media yang telah guru siapkan sebelumnya.


Bagaimana Cara Membuatnya? Berikut Langkah-langkahnya:
  1. Untuk dapat mengedit objek 3D diwajibkan menggunakan Windows 10 terbaru.
  2. Pembuatan media seperti pada video di atas dibuat menggunakan PowerPoint 2016 (harus update).
  3. Setelah kedua syarat di atas silahkan buka menu Setting pada Windowsnya.
  4. Pada menu setting silahkan klik pada update & security.
  5. Klik pada menu windows insider program. Silahkan mendaftar sampai selesai lalu klik pada check for updates. (jika windows insider program belum muncul silahkan klik Check For Updates terlebih dulu, lanjutkan dengan mengupdates windows).
  6. Jika tampilan sudah seperti pada gambar di bawah ini silahkan lanjutkan ketahap 7, jika belum ulangi hingga muncul seperti gambar di bawah.
  7. Lanjutkan dengan mengupdate office powerpointnya, dengan cara klik pada menu File > Account > Update Options > lalu klik Update Now.
  8. Jika tampilan menu insert sudah seperti pada gambar di bawah, artinya Bapak/Ibu telah berhasil mengupdate Office PowerPoint sehingga sudah suport 3D. Jika belum silahkan ulangi lagi langkah 7 dan 8 hingga pada menu insert terdapat 3D models.
  9. Jika masih belum berhasil silahkan whatsapp nomor disamping >> lalu pastikan laptop Bapak/Ibu sudah terinstall Team Viewer (kirimkan your ID dan Pasword kepada saya). Jika ada waktu saya akan memandu hingga laptop Bapak/Ibu guru suport 3D model.
  10. Jika sudah memiliki 3D model pada powerpoint Bapak/Ibu bisa mencoba belajar membuat media pembelajaran berbasis 3D animasi menggunakan template di bawah ini.
Download

Demikian semoga artikel ini bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi guru di Indonesia dalam pengembangan media pembelajaran berbasis TIK. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment