Pandean Lamper, Berserinya Kampung Safety Indonesia - Kelas Virtualku

Breaking

Saturday, December 29, 2018

Pandean Lamper, Berserinya Kampung Safety Indonesia


Pandean Lamper, Berserinya Kampung Safety Indonesia
 oleh: Hendrik Hermawan

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-1.JPG
(Gapura Kelurahan Pandean Lamper)

Pandean Lamper merupakan sebuah kelurahan yang terletak di  pusat Kota Semarang. Kelurahan ini menarik minat warga Indonesia karena kelurahan ini sebagai salah satu wilayah Kampung Berseri Astra (KBA) yang bertemakan Safety (Kampung Safety Honda) sekaligus sebagai salah satu pelopor Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) sejak diresmikan pada tahun 2013. Kelurahan dengan mayoritas penduduk asli daerah Semarang ini awalnya dikenal dengan kelurahan yang rawan terjadi kecelakaan. Angka kecelakaan terhitung meningkat tiap tahun. Namun, apabila kini kalian berkunjung ke Kelurahan Pandean Lamper Kota Semarang, kalian akan merasakan hidup dalam lingkungan tempat tinggal yang diinginkan karena sebuah daerah yang aman, tertib dan berseri.

Sejarah Kampung Safety Pandean Lamper

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-2.JPG
(Penggerak KBA Pandean Lamper, Lukman Muhajir)

Asal usul Kampung Safety  Honda di Pandean Lamper berawal dari keresahan Lukman, seorang penggerak KBA, yang melihat kondisi lalu lintas di Pandean Lamper. Akhirnya, pria yang biasa disapa “Pak RW” ini tergerak untuk memelopori berdirinya suatu kampung yang sadar akan pentingnya taat berlalu lintas.
“Berawal dari maraknya kecelakaan lalu lintas di Pandean Lamper, membuat para tokoh masyarakat Pandean Lamper khawatir, sehingga kami membuat konsep mengenai keamanan dan ketertiban berlalu lintas yang selanjutnya diimplementasikan melalui kampung safety” ujar Lukman.
Namun, Lukman mengakui bahwa membuat sebuah daerah yang tertib dan aman dalam berkendara tidaklah mudah, banyak lika-liku perjuangan yang dihadapi. Gerakan ini bermula dari pertemuannya dengan dua orang instruktur safety riding Astra Motor di Seminar Aman Berlalu lintas di Fakultas Hukum Universitas Semarang pada tahun 2010. Berkat pertemuan tersebut, Lukman terus berhubungan baik dengan keduanya dan memulai kerja sama untuk memberikan kegiatan terkait edukasi keamanan dan ketertiban lalu lintas kepada warga Pandean Lamper.
Gerakan inspiratif ini berawal dari satu lokasi, yaitu  di wilayah  RW 10 pada tahun 2011, mereka sukses memberikan edukasi terkait safety riding kepada masyarakat. Kegiatan ini terus diadakan secara intensif. Mulai dari penyuluhan di RT-RT hingga program pembagian helm gratis bagi warga yang ketahuan tidak menggunakan helm saat berkendara. Akhirnya, Kelurahan Pandean Lamper bekerja sama dengan Astra dan terciptalah sebuah Kampung Berseri Astra yang bertemakan “Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas” pada tahun 2013. Gerakan yang dilakukan oleh para tokoh masyarakat dan warga Pandean Lamper ini mengacu pada Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Warga Wajib Tertib dan Aman Berlalu Lintas
Sekarang, apabila kalian ingin berkunjung ke Pandean Lamper, kalian akan melihat sikap warga yang taat dan tertib dalam berlalu lintas. Sikap taat dan tertib lalu lintas ini dilakukan oleh semua kalangan baik orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Selain itu, Kelurahan Pandean Lamper memiliki suatu aturan yang sangat tegas bagi siapapun yang berada di wilayah tersebut. Apabila ada warga atau pengunjung yang tidak taat berkendara, maka akan diberikan sanksi oleh petugas kelurahan. Sanksi ini telah disepakati oleh warga Pandean Lamper dalam rangka menjaga ketertiban berlalu lintas. Hal ini sesuai dengan ikrar warga Pandean Lamper yang telah berkomitmen untuk senantiasa menjadikan keselamatan berkendara sebagai kebutuhan dan budaya hidup.

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-3.JPG
(Ikrar Warga Kampung Safety Honda)

Beberapa sanksi diberlakukan bagi para pelanggar ikrar tersebut, yaitu teguran kepada orang yang melakukan pelanggaran. Apabila telah ditegur sebanyak 3 kali, maka dari pihak kelurahan akan mencekal orang yang bersangkutan dan tidak diberikan izin untuk membuat surat pengantar pembuatan KTP, SIM, hingga urusan administrasi lainnya.
Selain sanksi bagi pelanggarnya, pihak Kelurahan Pandean Lamper juga memberikan apresiasi kepada warga yang dapat menjaga ketertiban berlalu lintas. Setiap satu tahun sekali, Kelurahan Pandean Lamper mengadakan lomba tertib dan aman berlalu lintas bagi seluruh RW. Seluruh lapisan masyarakat di setiap RW turut aktif dalam lomba tersebut.

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-4.JPG
(Beberapa foto-foto di rumah warga berkaitan dengan partisipasi warga dalam beragam kegiatan di Kampung Safety Honda)

Program Edukasi Berlalu Lintas Kelurahan Pandean Lamper
Program edukasi berlalu lintas di Kelurahan Pandean Lamper berlangsung sangat baik. Hal ini karena telah terdapat 45 titik RT yang telah ter-edukasi tertib berlalu lintas.Para tokoh masyarakat bersama dengan pihak Astra memiliki beragam cara yang unik dalam program edukasi berlalu lintas terhadap warga.
Pelaksanaan program edukasi oleh para tokoh masyarakat dan Astra yaitu setiap RW  akan dipilih 1 duta (ambassador) tertib berlalu lintas sebagai penyebar semangat tertib berlalu lintas. Berkaitan dengan pendidikan berlalu lintas, memang warga Pandean Lamper tidak tebang pilih. Mulai dari anak-anak hingga kaum lansia tetap diberikan edukasi terkait keamanan berlalu lintas. Hal ini dilakukan karena kecelakaan berlalu lintas bisa terjadi pada siapa saja, tanpa mengenal usia.
“Benteng keselamatan terakhir untuk keselamatan negara kita adalah rumah tangga, jadi sejak anak-anak sudah harus diajarkan untuk aman berlalu lintas. Tapi dengan cara-cara tertentu, jangan disamakan dengan orang dewasa,” ujar Pak Suko Edy, salah seorang instruktur dari Astra.

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-5.JPG
(Siswi TK Fajar Rachma sedang belajar rambu lalu lintas)

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-6.JPG
(Lomba mewarnai TK Fajar Rachma dengan tema rambu lalu lintas)

Ibu-ibu di Kelurahan Pandean Lamper juga diberikan pelatihan untuk berkendara. Mulai dari kelengkapan berkendara hingga tata cara berkendara yang baik, termasuk sebuah pelatihan untuk ujian pembuatan SIM C. Ibu-ibu dilatih kemahiran berlalu lintas dengan cara mereka menggunakan sepeda motor melintasi rintangan yang dibuat sedemikian rupa secara bergantian. Ketrampilan berkendara yang diberikan dalam latihan tersebut meliputi tata cara berbelok, berjalan lurus, mengatur kecepatan, hingga tata cara menyalip kendaraan. Salah satu peserta bernama Ibu Yinni, terlihat mulai mahir melintasi rintangan yang dibuat setelah beberapa kali melakukan latihan.

“Kami diberikan pelatihan berkendara secara rutin, nah nanti kalau sudah bisa, biasanya akan diadakan lomba aman berkendara di kelurahan tiap tahunnya,” ujar Ibu Yinni saat mengikuti latihan berkendara di Kelurahan Pandean Lamper.

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-7.JPG
(Salah seorang ibu sedang latihan berkendara motor)

Berbagai Layanan Gratis di Kampung Berseri Pandean Lamper
Selain tata tertib berkendara, warga Pandean Lamper ini diberikan beberapa jenis layanan servis gratis untuk kendaraannya, mulai dari rem, ban, oli, bahkan hingga mesin kendaraan. Layanan ini diberikan sebagai salah satu bentuk komitmen dari Astra melalui Kampung Berseri Astra di Kelurahan Pandean Lamper.

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-8.JPG
(Bapak Suko Edy bersama para montir dari Astra Motor yang sedang memberikan pelayanan servis motor di Bengkel Keliling)

Sembari menunggu servis gratis, pengunjung juga mendapatkan edukasi seputar keamanan berlalu lintas di Pos Baca Safety Riding yang lokasinya tak jauh dari Bengkel Keliling. Banyak buku terkait safety riding di Pos Baca tersebut. Bahkan, warga juga dapat belajar terkait ujian tulis pembuatan SIM, melalui buku persiapan ujian SIM yang berada di Pos Baca tersebut.

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-9.JPG
(Buku-buku materi rambu lalu lintas di Pos Baca)

Selain buku, terdapat juga televisi (TV) yang menayangkan sebuah program edukasi kepada anak-anak mengenai aman berkendara. Tayangan ini mengajarkan hal-hal yang ringan untuk anak-anak, mulai dari cara berjalan di trotoar, menggunakan helm, hingga tata cara menyeberang di jalan.

http://satu-indonesia.com/adminsite/backend/img/kampung-safety/pandean-10.JPG
(Tayangan program edukasi)

***
Berdasarkan referensi yang didapatkan, sejak diresmikannya program Kampung Berseri Astra di Kelurahan Pandean Lamper, angka kecelakaan berkendara turun secara signifikan. Selain itu, telah terdapat banyak rambu-rambu yang terpasang di sepanjang jalan Kelurahan Pandean Lamper untuk mengingatkan etika berkendara di jalan. Beberapa kegiatan dalam Program KBA ini mendapat dukungan positif berupa partisipasi dan penataan wilayah kampung, serta meminimalisir kecelakaan berkendara. Selain itu, beberapa peraturan tentang etika berkendara di kampung tersebut menambah kesadaran warga dan pengunjung terhadap pentingnya keselamatan berkendara di jalan.  Kampung ini telah menjadi sorotan oleh warga dan pemerintah Semarang sebagai contoh dalam penciptaan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman untuk warga.

Nah, berkat inspirasi dari Pandean Lamper, Mari kita dukung dan sukseskan program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas!

Sumber


No comments:

Post a Comment